Sunday, October 13, 2013

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MENULIS CV LAMARAN PEKERJAAN



Perhatikan Beberapa Hal Ini Saat Menulis Curriculum Vitae

Banyak job seeker yang mengalami kegagalan dalam melamar kerja, bukan karena mereka tidak memiliki potensi, bukan karena mereka tidak punya skill yang bagus, tapi lebih kepada hal yang sederhana : Penulisan Curriculum Vitae yang Salah.

Curriculum Vitae (CV) adalah sebuah dokumen sederhana yang bisa berdampak besar. Ya, karena dari sinilah karir dan masa depan Anda akan bermula. Oleh karena itu, meskipun file ini terkesan sederhana, bukan berarti Anda bisa membuatnya dengan sembarangan.

Lalu hal apa saja yang harus diperhatikan saat menulis CV? Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda Hindari saat menulis CV.

1.Gunakan jenis huruf yang mudah dibaca
Jika Anda terbiasa menggunakan komputer untuk membuat CV atau surat lamaran kerja, maka gunakanlah tulisan yang wajar. Jangan menggunakan tulisan "Gede-kecil" yang dikombinasikan dengan tanda baca salah posisi seperti yang dilakukan anak-anak muda jaman sekarang. Contoh : NaMa SayA Ar!f SaYa Lu2san S! AkuntnG. SaYa aDalah P3k3rja Kera$. Walaupun Anda anak paling gaul di negara ini, seharusnya Anda bisa membedakan antara menulis SMS atau BBM ke teman dengan membuat CV yang akan dikirimkan ke perusahaan.

2.Gunakan pas foto tampak depan
Memakai foto dengan angle dari atas sambil menggigit jari seperti Profile Picture Facebook Anda mungkin terlihat keren bagi sebagian orang (mungkin loh yah). Tapi tidak dengan HRD yang akan membaca CV Anda. Jika Anda tetap memasang foto seperti itu, yakinlah HRD akan mengira Anda sedang casting jadi foto model bukan ingin melamar kerja. Foto pun tidak boleh beramai-ramai karena nanti HRD akan bingung yang manakah Anda sebenarnya.

3.Gunakan kalimat yang efektif, jangan curhat
HRD yang Anda tuju tentunya bukan seseorang seperti mamah Dedeh yang setia mendengar curhat Anda setiap saat. Jadi, gunakanlah kalimat yang informatif dan seperlunya. HRD hanya butuh informasi tentang siapa Anda, dan pengalaman serta kemampuan Anda. Mereka tidak peduli dengan kisah sendu saat Anda di SMA dulu.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menulis CV. Selain CV yang bagus, tentunya ada beberapa faktor lainnya yang membuat Anda diterima kerja di suatu perusahaan. Semoga Bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More