Sering kali tidak Anda sadari bahwa
orang-orang menjauh saat Anda sedang berbicara. Bersikap acuh saat Anda
berbicara di meeting, dan presentasi ke client sering gagal. Mungkin
Anda tidak menyadarinya, saat kita akan bernegoisasi dan terlalu banyak bicara,
kita akan kalah. Yang harus dilakukan adalah separuh bicara separuh lagi
mendengar. Jadi kenapa kita harus banyak bicara? Karena bicara jauh lebih mudah
dari pada mendengarkan. Membuat kita berpikir semua berada di bawah kendali.
Saat Anda mampu untuk mendengarkan orang
lain, maka hal itu akan memperkaya diri Anda selamanya. Dan ada keterampilan
mendasar yang begitu penting dalam aspek kehidupan dan karir
maupun bisnis, yaitu “mendengarkan”.
Berikut tips agar Anda memiliki
kemampuan mendengar yang lebih baik.
Sesuaikan sikap dan cara Anda
berpikir. Perhatikan
setiap kata dengan seksama dan jangan langsung mengambil kesimpulan atau
memotong pembicaraan orang lain. Belajar untuk menghargai dan memberi
kesempatan orang lain untuk mengemukakan pendapatnya.
“Buang” beban dikepala Anda. Tidak banyak orang yang mau
mendengarkan dengan sungguh-sungguh. Ingatkah kapan terakhir kali Anda bisa
mendengarkan dengan tenang? Yang sering kita lakukan adalah menunggu orang
berhenti berbicara. Berhentilah berpikir seperti itu, dengarkanlah dengan
seksama. Perhatikan gerak tubuh, bahasa, suara si pembicara. Dengan demikian
Anda pun secara tidak langsung bisa mempelajari karakter si pembicara.
Reflection. Ketika giliran Anda untuk
berbicara, coba untuk mengulangi apa yang tadi mereka katakan. Anda akan
mengetahui apakah Anda menyimak dengan baik atau tidak.
Hilangkan ego. Hilangkan ego Anda dan
bertindaklah yang sesuai. Seorang pebisnis berkata “do you want to fill your
ego or your bank account?”. Mementingkan ego sudah pasti akan sangat
merugikan Anda. Oleh karena itu hilangkan ego Anda untuk mendapatkan hasil yang
terbaik.
Make yourself win. Sekali Anda bisa menjadi
pendengar yang baik, maka orang lain akan menaruh kepercayaan pada Anda. Pada
saat itulah komunikasi dimulai dan Anda dapat mengutarakan tujuan Anda. Jagalah
komunikasi yang sudah terjalin dengan terus menjadi pendengar yang baik agar
terjalin hubungan yang saling menguntungkan dalam pekerjaan
maupun bisnis Anda.
0 comments:
Post a Comment