Bersosialisasi
dengan Rekan Kerja
Kantor merupakan rumah kedua dan tempat
mengeluarkan ide – ide creative, istilah itu mungkin sudah tidak asing
lagi bagi sebagian orang. Dalam profesionalisme bekerja, mau tidak mau kita
dituntut untuk berpenampilan prima, dengan runitas yang padat akan pekerjaan
kantor yang terkadang membuat Anda stress. Rasa nyaman, tenang, enjoy,
dan bebas dari stres secara tidak langsung memiliki kaitan erat dengan
lingkungan sekitar, bagai mana Anda menjalin hubungan dengan rekan kerja.
Pada umumnya, pekerja kantoran
menghabiskan waktu sekitar 8 jam sehari di kanor. Nah, bisa Anda bayangkan
bagaimana jika Anda tidak mempunyai hubungan yang baik dengan rekan kerja?
Pasti suasana kerja
menjadi tidak enak dan kantor akan menjadi tempat yang paling menyiksa buat
Anda. It was really awful !
Di dunia kerja,
membangun hubungan yang baik dengan sesama rekan kerja itu jelas sangat
penting. Apalagi sekarang ini, penilaian kinerja seseorang tidak hanya dinilai
melalui kecerdasan dan ketrampilan sebagai individu, tetapi juga bagaimana
bekerja secara tim. Jika Anda merasa sulit untuk berinteraksi dengan rekan
kerja, Anda bisa mempertimbangkan tips berikut:
Bersikap Ramah
Ketrampilan untuk bersikap ramah itu
bisa dipelajari. Kuncinya, kita punya hati menghargai orang lain. Dengan
melemparkan senyuman kecil atau sapaan ringan saat bertemu rekan, mereka akan
merasa senang karena keberadaannya Anda hargai.
Rendah Hati
Jika Anda mempunyai kelebihan dalam skill
performance yang lebih baik dari rekan kerja Anda, tidak ada alasan untuk
berbangga diri yang berlebihan, Talenta yang Anda punya haruslah disyukurin,
bukan untuk disombongkan, karena kesembongan akan menjauhkan Anda dari
pergaulan.
Menghargai
Sikap Menghargai memiliki peran yang
sangat penting dalam hubungan bersosialisasi sesama rekan kerja. Jangan pernah
untuk mencela rekan kerja yang memiliki kekurangan, Tidak semua orang memiliki
kemampuan yang sama.''No body perfects Guys''
Argument
Perbedaan pendapat dengan rekan kerja
pasti selalu terjadi dalam keseharian rutinitas kantor. Tiap individu memiliki
latar belakang yang berbeda (budaya maupun pendidikan), karakter, dan idealisme
yang berbeda. Saat menghadapi suatu permasalahan dan selang pendapat,
masing-masing induvidu tentu akan menanggapi dengan cara, gaya dan ekspresi
yang berlainan. Jika menemukan perbedaan pendapat sebaiknya segeralah
selesaikannya dengan secepat mungkin, jangan biarkan hal itu berlarut- larut
menjadi sebuah perselisihan dan membuat hubungan tidak harmonis antar rekan
kerja.
Dalam hal menciptakan suasana kerja
nyaman itu sebenarnya perkara mudah jika Anda memiliki jalinan hubungan yang
baik dengan rekan kerja, hal yang tidak baik dalam bersosialisasi adalah selalu
menyalahkan dan menuntut orang untuk berlaku sesuai keinginan Anda.
0 comments:
Post a Comment