Tips Cara Mengundurkan Diri Tanpa Merusak Jaringan Profesional Anda
Meninggalkan pekerjaan anda saat ini untuk alasan apapun tentunya adalah keputusan yang sangat besar untuk dibuat. Entah karena anda tidak lagi merasa bahagia dengan pekerjaan anda, atau karena anda ingin mengejar kesempatan yang lebih baik, selalu menjadi ide yang baik untuk pergi tanpa meninggalkan kesan buruk. Jika anda stuck di situasi yang sama dan berpikir untuk menulis surat pengunduran diri, tunggulah sampai anda membaca habis artikel ini sebelum anda membuat keputusan akhir.
Matangkan Rencana Pengunduran Diri Anda
Langkah
pertama untuk membuat kepergian anda selancar mungkin adalah dengan mematangkan
perencanaan karir anda. Ambillah waktu yang anda butuhkan untuk menimbang
pilihan dan pikirkanlah keputusan anda. Mintalah cuti beberapa hari jika
diperlukan. Gunakan waktu tersebut untuk berpikir apakah meninggalkan kantor
anda adalah pilihan yang tepat. Bercerminlah pada kejadian dimana anda merasa
lebih senang atau lebih sedih selama mengerjakan pekerjaan anda. Pikirkanlah
kejadian mana yang meninggalkan kesan paling mendalam. Jika kenangan
menyenangkan lebih banyak muncul, maka anda sudah punya jawabannya. Lebih baik
anda menahan diri untuk menulis surat pengunduran diri anda jika anda
masih ragu-ragu, hal ini akan mencegah anda untuk membuat keputusan yang salah
hanya karena emosi sementara.
Buatlah Draft surat Pengunduran Diri Anda
Tulislah
salinan draft dari surat pengunduran diri anda, draft tersebut harus juga disertai
daftar yang mendetail dari alasan anda untuk mengundurkan diri. Jangan
membicarakan apa yang terjadi di masa lalu terlalu sering. Fokuslah pada
rencana anda dan jelaskan bagaimana pentingnya keputusan ini dalam membantu
anda untuk meraih keinginan anda. Menulis surat pengunduran diri sama dengan menulis CV, tulislah beberapa draft dan baca
ulang apa yang telah anda tulis sebanyak-banyaknya. Jika anda melihat ada
kata-kata di surat tersebut yang kurang enak dibaca, tulislah ulang. Print-lah
surat tersebut di atas kertas dan berikan secara langsung kepada bos anda
daripada mengirimkannya lewat email, memberikan secara langsung adalah hal yang
benar untuk dilakukan dan lebih sopan.
Bicarakan Kepada Bos tentang Pengunduran Diri Anda
Cara
paling mudah agar tidak meninggalkan kesan buruk dengan perusahaan anda saat
ini adalah dengan merencanakan pertemuan dengan bos agar anda bisa membicarakan
tentang pengunduran diri anda. Gunakanlah waktu ini untuk membicarakan
poin-poin yang mungkin telah anda buat di surat pengunduran diri anda
dan juga alasan-alasan lain yang anda punya untuk mengundurkan diri. Ingatlah
untuk bersikap fleksibel selama pertemuan itu. Jika bos anda meminta untuk
menunda pengunduran diri anda, pikirkanlah baik-baik dan cobalah untuk menerima
permintaannya, jika anda bisa. Hal ini akan membantu anda untuk bisa keluar
dari perusahaan secara baik-baik dan memastikan anda untuk mendapatkan
referensi positif dari calon-mantan-bos anda di masa depan. Dunia korporasi itu
cenderung kecil, maka penting untuk meninggalkan perusahaan anda dengan membawa
kesan positif karena hal ini akan sangat membantu anda untuk mendapatkan
pekerjaan di masa depan.
Setelah
bagian yang tersulit ini terlewati, anda bisa melanjutkan karir anda tanpa
harus membawa beban pekerjaan dari masa lalu bersama anda. Menulis surat pengunduran diri bisa jadi
sulit, tapi hal tersebut diperlukan agar karir anda dapat maju tanpa terlalu
banyak masalah. Semoga beruntung dalam perjalanan anda!
0 comments:
Post a Comment