Agar
Anda Lebih Dekat dengan Klien
Bagi perusahaan, menjalin hubungan baik
dengan klien merupakan prioritas utama dalam melakukan hubungan kerja sama,
baik itu partnership, sponsor, ataupun vendor. Seperti yang Anda
ketahui bersama bahwa, dalam prakteknya di lapangan kerja,
kepuasan klien adalah penghargaan tertinggi bagi Anda dalam suatu hubungan
bisnis, karena klien akan melihat bahwa perusahaan Anda memiliki cara kerja
yang baik, tim yang hebat, serta mampu memenuhi setiap keinginan dan maksud
yang mereka inginkan.
Banyak cara yang dilakukan oleh
perusahaan untuk lebih mendekatkan diri dengan klien demi kelangsungan hubungan
kerjasama ke depannya, seperti mencari tahu penilaian apa yang mereka cari, apa
yang menjadi perhatian utama mereka, serta apa yang mereka harapkan dari kerja
sama yang sedang berlangsung dengan perusahaan Anda.
Jika Anda perhatikan dan pelajari secara
mendalam, sebenarnya tidaklah sulit untuk menciptakan dan menjaga hubungan baik
dengan klien. Ada beberapa cara yang sangat sederhana untuk mendekatkan diri
dengan klien agar Anda bisa membangun hubungan yang lebih baik lagi.
Tanyakan mereka. Coba untuk lebih mendengarkan
apa mau mereka atau coba tanyakan, apa saja yang sebenarnya mereka inginkan
atau harapkan dari hubungan kerjasama yang sedang berlangsung antara Anda
dengan klien Anda. Catat setiap detailnya dengan menggunakan metode kuesioner,
email tanggapan serta kolom komentar untuk kilen Anda.
Dengarkan mereka. Anda harus memahami bahwa
setiap perkataan, kritik dan saran dari klien akan memberikan nilai positif
bagi perusahaan Anda. Lakukan evaluasi yang detai dari setiap tanggapan klien
Anda. Ingat, pujian yang diberikan oleh klien menunjukan kelebihan serta
keunggulan Anda dan hal apa saja yang harus Anda pertahankan dan memperkuatnya.
Sedangkan komplain atau krtikikan akan memberikan pemikiran dan ide baru bagi
perusahaan yang berguna untuk melakukan tindakan perbaikan.
Menghormati kredibilitas pesaing
Anda. Ingat,
dalam dunia
kerja, Anda akan selalu menghadapi persaingan dan mungkin akan
berhadapan dengan pesaing yang cukup berat. Coba pelajari secara mendalam
keunggulan serta kekurangan produk – produk dari pesaing Anda tanpa harus
menyebarluaskan citra buruk dari produk mereka. Pelajari apa saja yang tidak
dimiliki oleh pesaing Anda sebab besar kemungkinan itu akan menjadi nilai
tambah bagi produk Anda sehingga perusahaan Anda dapat menghadapi persaingan
secara sehat.
Manfaatkan umpan balik melalui Online. Coba Anda bergabung dengan group
atau forum pengguna internet yang berkaitan dengan industri dan produk Anda.
Pelajari setiap postingan dan kiriman yang ada utnuk memberikan Anda ide atau
refensi baru untuk meningkatkan kualitas produk dan industri Anda. Anda juga
bisa ikut aktif dalam diskusi dari group dan forum tersebut untuk mendapatkan
masukan lebih banyak lagi.
Buat perencanaan dengan klien. Terus lakukan pendekatan dengan
klien Anda sepanjang tahun melalui program – program yang ada di perusahaan
Anda. Coba perkuat koneksi mendasar Anda dengan klien melalui konsultasi dan
pertemuan.
Dan yang terpenting dalam mendekatkan
diri dengan klien Anda adalah sebelum melakukan hubungan kerja sama dengan
klien, pastikan konsep Anda sebaik mungkin. Kaji lebih mendalam serta tentukan
nilai – nilai apa saja yang akan Anda berikan kepada klien dan timbal balik apa
yang Anda harapkan.
0 comments:
Post a Comment